Banyak Manfaat Anggur Yang Tidak Kita Ketahui Selama Ini

Banyak Manfaat Anggur Yang Tidak Kita Ketahui Selama Ini

Banyak Manfaat Anggur Yang Tidak Kita Ketahui Selama Ini

GoTravelCenter – Banyak Manfaat Anggur. Anggur adalah buah yang telah dibudidayakan selama ribuan tahun. Berbagai macam anggur tumbuh di dunia dengan varietas yang berbeda seperti hijau, merah, hitam, kuning, atau bahkan merah muda.

Rasanya nikmat dengan berbagi kreasi olahan makanan yaitu dibuat jus, kismis, dan selai. Selain sensasi rasa manis dan asam, anggur memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. Melansir dari hhdresearch.org, Minggu, 24 Maret 2019, berikut hal mengejutkan jika Anda mengkonsumsi anggur selama dua bulan.

Banyak Manfaat Anggur Yang Tidak Kita Ketahui Selama Ini

Banyak Manfaat Anggur Yang Tidak Kita Ketahui Selama Ini
Banyak Manfaat Anggur Yang Tidak Kita Ketahui Selama Ini

Pencegahan Penyakit

Anggur mengandung banyak jenis antioksidan, terutama di kulit. Antioksidan adalah senyawa yang bermanfaat untuk membantu memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya. Apabila tidak dinetralkan dengan antioksidan, radikal bebas akan menyebabkan stres oksidatif yang dikaitkan dengan penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Anggur merah memiliki tingkat antioksidan tertinggi, termasuk resveratrol polifenol. Ini juga mengatur gula darah dan menurunkan risiko Anda terkena kanker dan diabetes. Resveratrol hanyalah salah satu dari banyak antioksidan dalam anggur. Mereka juga mengandung vitamin C, beta-karoten, lutein, quercetin, likopen, dan asam ellagic, dan lainnya.

Kesehatan Mata Lebih Baik

Senyawa bermanfaat dalam anggur juga dapat membantu melindungi mata Anda dari penyakit degeneratif yang umum. Resveratrol dalam anggur merah telah ditemukan untuk mengurangi risiko glaukoma, katarak, dan penyakit mata diabetes.

Baca Juga: Cara Atasi Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Dalam studi, resveratrol juga melindungi sel retina manusia dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Meminimalkan kerusakan yang berpotensi dapat mencegah perkembangan degenerasi makula. Anggur juga mengandung sepasang antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin yang semakin melindungi kesehatan mata Anda, terutama dari cahaya biru yang berasal dari ponsel Anda.

Memperlambat Penuaan

Awet muda adalah hal yang diinginkan oleh kebanyakan orang, dengan mengkonsumsi anggur menjadi salah satu solusinya. Senyawa yang ditemukan dalam anggur, termasuk resveratrol, telah diuji dapat mempengaruhi penuaan dan umur. Resveratrol mengaktifkan gen yang disebut SIRT1 yang telah dikaitkan dengan umur yang lebih panjang dalam penelitian pada hewan.

Sementara resveratrol menangani bagian dalam tubuh Anda, vitamin C dalam anggur membantu menjaga kulit Anda tetap sehat. Hal ini berkaitkan dengan produksi kolagen, zat yang menjaga kulit tetap halus, elastis, dan bebas kerut.

Mencegah Peradangan (Inflamasi)

Peradangan kronis adalah ciri khas penyakit seperti radang sendi, tetapi sebenarnya merupakan faktor dalam setiap penyakit. Pembengkakan merupakan respons imun dalam beberapa keadaan, tetapi pembengkakan dapat merusak sel-sel Anda ketika itu terjadi karena kesalahan atau menjadi kronis. Hal itu dapat menjadi pintu berkembangnya penyakit kanker, jantung, dan gangguan autoimun lainnya.

Bubuk anggur telah diuji dalam beberapa studi terkait masalah peradangan. Dalam satu studi dari 24 pria dengan sindrom metabolik (sekelompok faktor risiko untuk diabetes tipe dua dan penyakit kardiovaskular), dosis harian bubuk anggur setara dengan setengah cangkir anggur segar ditemukan secara signifikan meningkatkan tingkat senyawa anti inflamasi di aliran darah mereka.

Memori yang Lebih Tajam

Beberapa studi menarik telah membuktikan efek anggur pada pembelajaran dan memori. Satu studi 12 minggu yang dilakukan pada 111 orang dewasa tua yang sehat menemukan bahwa 250 mg suplemen anggur setiap hari terlihat meningkat pada skor awal untuk tes kognitif. Tes ini mengukur daya ingat, kemampuan bahasa, dan perhatian.

Studi lain mengungkapkan bahwa delapan ons jus anggur per hari dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kecepatan mengingat. Penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk menentukan apakah anggur dapat membantu menangkal penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Anggur menyediakan banyak nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Salah satunya adalah Vitamin K yang memiliki peran kuat dalam menjaga kalsium di dalam tulang Anda.

Buah yang memiliki paduan rasa manis dan asam ini juga mengandung beberapa kalsium, serta fosfor, magnesium, kalium, dan mangan. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa resveratrol juga dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *