Destinasi Wisata Wajib di Bangka Belitung

Destinasi Wisata Wajib di Bangka Belitung

Go Travel Center – Bangka Belitung memang terkenal casino indonesia dengan keindahan pantai yang sangat mengagumkan dengan karakteristik berbatuan granit dan permukaan pantai yang landai.  Ada berbagai macam pilihan destinasi pantai dan pulau yang sangat indah dan menawan. Provinsi ini merupakan penggabungan antara 2 kepulauan, yaitu antara Bangka dan Belitung. Bangka Belitung adalah kawasan kepulauan yang memiliki sekitar 470 pulau dan ada 50 pantai yang telah berpenghuni.

Film Laskar Plangi yang tayang di tahun 2008 telah mengangkat reputasi Pulau Belitung sebagai tempat wisata indah. Di tahun 2016 Pulau ini dijuluki seperti Bali Baru oleh pemerinah. Pulau ini  juga merupakan tempat dimana Gubernur DKI Jakarta yaitu Ahok. Berikut tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Belitung.

Gunung Menumbing

Gunung Menumbing

Berada di daerah Mentok pada arah Barat Laut Pulau Bangka, Tempat ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter dpl. Gunung Menumbing ini merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda pada tahun 1948-1949.

Di Gunung ini terdapat sebuah wisma yang masih sangat terawat dimana tempat ini menjadi tempat pengasingan Proklamator RI. Wisma pengasingan ini dijaga oleh keluarga Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi yang dari awalnya punya tanggung jawab untuk menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama di pengasingan.

Pantai Tanjung Tinggi

Gunung Menumbing

Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat dari lokasi syuting di Film Laskar Pelangi, dan pantai ini ada di antara Tanjung Kalam dan Tanjung Pendam. “Tanjung” memiliki arti kata tersendiri yaitu semenanjung, dan “Tinggi” memliki arti pantai dengan bebatuan yang tinggi. Memiliki luas sekitar 80 ha, Pantai Tanjung Tinggi di dominasi dengan pasir putih yang sangat indah. Pantai ini juga memiliki ratusan batu granit yang ukurannya bermacam-macam. Bahkan ada yang mencapai ratusan kubik yang membuat batu ini lebih besar dari rumah, ini yang membuat daya tarik tersendiri untuk Pantai Tanjung Tinggi.

Dulu di pantai ini adalah pelabuhan bagi nelayan dan memiliki ombak yang kecil dan tenang, yang terbilang aman untuk masyarakat. Disini kamu bisa melakukan snorkeling dan berenang tapi kamu harus berhati-hati karena disini terkadang ada ubur-ubur. Dan jika kalian pergi ke pantai ini kalian harus menunggu sunset karena ketika sunset kalian bisa menikmati betapa indahnya melihat sunset di pantai ini.

 Bukit Berahu

Bukit Berahu

Bukit Berahu ini adalah perpadanan antara bungalow dan resto di sebuah pantai di Belitung yang letaknya dekat dengan Tanjung Tinggi. Di atas bukit tersebut kalian bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Ada 97 anak tangga bungalow jika kalian ingin mencapai ke Bukit Berahu ini, karena pantai ini merupakan bagian dari bungalow. Pantai ini terletak tersembunyi yang berada di kaki Bukit Berahu.

Pantai Punai

Pantai Punai

Pantai ini terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesa, Kabupaten Belitung Timur. Pantai ini terbilang jaraknya cukup jauh dari ibu kota Tanjung Pandan yaitu 93 km. Jauhnya pantai ini tidak akan terasa jika kamu sudah sampai ke Pantai Punai, karena di pantai ini memiliki air laut yang sangat bitu dan pasir nya yang putih. Suasana di pantai ini sangat cocok dengan kalian jika ingin melepas rasa jenuh sejenak. Di depan pantai ini terdapat pulau kecil yang bernama Pulau Punai, sebelumnya di pulau ini banyak sekali burung punai. Cukup hanya berjalan kaki saat air surut kamu sudah bisa pergi ke Pulau Punai.

Danau Kaolin

Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan kekayaan yang ada di Belitung. Sebenarnya Danau ini bukan tempat untuk wisata umum, tapi ada beberapa fotographer yang sering berkunjung utuk melakukan hunting foto. Keindahan yang dimiliki sangat unik yaitu terdiri dari perpadanan antara air danau berwarna biru dan kaolin putih. Sekilas pemandangan dari Danau Kaolin ini mirip dengan Kawah Putih yang ada di Bandung.

Danau Kaolin memang sudah jelas sangat berbeda dengan kawah putih, karena Danau ini tidak berbentuk dari sebuah kawah, airnya pun juga tidak panas. Banyak wisatawan yang menggunakan air di Danau Kaolin ini untuk mandi. Sebagian masyarakat disini mengatakan bahwa air disini bisa membuat kulit lenih halus dan lembut.

Pulau Pasir

Pulau Pasir

Pulau Pasir merupakan tumpukan pasir yang kelihatan hanya jika air laut surut. Jika air laut ini sudah pasang kembali makan pulau ini akan tenggelam lagi. Luas dari Pulau Pasir ini hanya seukuran setengah lapangan sepakbola. Cukup dengan menggunakan perahu nelayan kamu sudah bisa sampai ke Pulau Pasir.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas berada di Kecamatan Siljuk, Kabupaetn Belitung yang merupakan pulau khas di Belitung dengan ciri khas bangunan mercusuar yang sangat tua, tapi masih aktif sampai saat ini. Mercusuar dengan ketinggian 50 meter  ini dibangun tahun 1882 sejak zaman penjajahan Belanda. Paparan bebatuan granis dan air yang biru membuat Belitung begitu indah. Pulau ini memiliki luas 1 ha.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Jika kamu ada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung kamu bisa mengunjungi Pantia Tanjung Kalayang yang sangat begitu indah. Pantai ini digunaka untuk kapal-kapal ditambatkan guna menunggu datangya wisatawan yang ingin pergi menyebrang ke pulau lain. Keindahan Pantai Tanjung Kalayang ini adalah aneka batu granit yang sangat begitu indah dan ada salah astu batu granit yang bentuknya menyerupai burung., ditambah hamparan pasir putih yang jelas menambahkan keindahan pantai ini.

Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai

Pantai ini berada di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai ini memiliki garis cintanya panjang denagn suasana yang sangat sejuk dan pantai ini dihiasi banyak sekali pohon pinus. Di Pantai Nyiur Melambai kalian bisa bermain voli pantai, berenang, dan jjuga kalian bisa panjat tebing lho.

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata ada di jalan Laskan Pelangi no.7, Gantong, Belitung Timur. Di museum ini kamu bisa mengetahui semua tentang perjalanan karya sastra Laskar Pelangi dari setiap halam sehingga bisa diangkat ke film layar lebar. Jika kalian masuk ke dalam kalian bisa melihat semua foto yang dipajang di museum serta foto-foto Andrea Hirata dengan kalimat-kalimat yang isnpiratif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *