Lebih Cinta Indonesia dengan Traveling ke Objek Wisata Budaya

Lebih Cinta Indonesia dengan Traveling ke Objek Wisata Budaya Berikut Ini

Go Travel Center. – Indonesia merupakan negara yang kaya akan kenampakan alam, seperti pesisir, lautan, gunung berapi, pegunungan, bukit, danau, sungai alami, air terjun, dan masih banyak lagi. Hampir di tiap lekukan wilayah pasti punya destinasi wisata baik sifatnya buatan atau alami sekalipun. Tentu Anda juga pernah beberapa kali berjelajah suatu daerah atau kota tertentu, mungkin Jakarta, Surabaya, Pulau Bali, Lombok, Semarang, dan lain sebagainya. Manakah yang menjadi tujuan utama dari sekian puluh tempat wisata?

Sebagian besar pelancong pasti memilih wahana bermain, pusat belanja atau oleh-oleh serta objek alam seperti pantai dan dataran tinggi. Padahal masih ada lagi jenis destinasi lain yang tak kalah seru bahkan mampu memberikan manfaat begitu besar terutama untuk memperluas penngetahuan. Adapun salah satunya wisata budaya Indonesia dimana menawarkan keunikan serta keragaman tradisi penduduk, suku ataupun suatu wilayah tertentu. Apalagi Indonesia punya ratusan macam suku asli mendiami tiap tempat, misalnya Suku Badui, Sasak, Jawa, Madura, dan lain sebagainya. Sayang sekali kalau Anda hanya bisa memandangi alam sekitarnya saja tanpa belajar dan mendapatkan pengalaman mengenal berbagai budaya tersebut.

Manfat Mengunjungi Wisata Budaya

Wisata budaya nampaknya kurang diminati oleh masyarakat modern, termasuk anak muda. Sebagian besar dari mereka menganggap kalau tempat tersebut kuno, kurang menarik, tak ada hal seru didapatkan atau lain sebagainya. Anggapan tersebut kemudian tertular ke orang lain sehingga membuat beberapa destinasi wisata budaya tradisional menjadi sepi pengunjung. Akibatnya fatal dimana Indonesia bakal kehilangan identitas secara perlahan karena tergerus perkembangan zaman ditambah lagi penduduknya tak mau ikut melestarikan budaya peninggalan nenek moyang. Padahal ada begitu banyak manfaat kalau kita traveling ke suatu wisata budaya, diantaranya:

  • Belajar mengenai kebudayaan tempat lain, mulai dari tradisi sehari-hari, makanan tradisional, upacara adat, dll.
  • Mendapatkan nilai moral berharga lewat tindak tanduk para penduduknya.
  • Menumbuhkan rasa bangga sekaligus cinta terhadap negara sendiri karena hanya Indonesia yang dianugerahi ratusan lebih jenis budaya.
  • Pikiran menjadi lebih luas dan tidak kaku karena paham betul jika dunia ini tak seluas daun kelor.
  • Bertemu dengan orang lain dari berbagai daerah atau negara sekalipun. Ajak mereka berkomunikasi dan berbagai ilmu bahkan pengalaman supaya saling mendapatkan keutungan.

Referensi Wisata Budaya Indonesia Paling Populer

 

Jenis tempat wisata budaya di Indonesia sangat cocok bagi Anda dan keluarga atau rombongan pelajar. Banyak pengetahuan baru yang diperoleh serta sensasi petualangan seru tak terlupakan. Untuk referensi objek liburan edukasi bertema budaya maka Anda bisa lihat informasinya di bawah ini!

  • Candi Borobudur

Didappuk menjadi salah satu keajaiban dunia sekaligus warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO, Candi Borobudur menjadi wisata budaya paling laris sepanjang tahun. Lokasinya berada di Yogyakarta, Jawa Tenga, menawarkan keindahan candi masa lampau dengan penataan luar biasa sempurna. Di tiap dinding candinya terdapat relief mengisahkan kehidupan masa lalu, tepatnya saat kekuasaan Dinasti Syailendra. Mulai dari wisatawan lokal, pelajar, rombongan universitas sampai turis asing tertarik berkunjung dan penasaran bagaimana bentuk dari Borobudur itu sendiri. Disana sudah ada pemandu wisata menjelaskan bagaimana proses pembuatan candi, kehidupan masa kerjaan silam untuk para pelancong.

  • Candi Prambanan

Selain Borobudur, Kota Jogja juga punya Candi Prambanan yang terletak di derah Sleman. Jika Borobudur peningalan kepercayaan Budha maka yang satu ini adalah Hindu dimana memengaruhi bentuk dari candi itu sendiri. Pada Prambanan terdapat ciri khas bagian atas bangunan candi lebih lancip dengan banyak sekali relief dewa-dewi agama Hindu seperti Ganesha, Siwa, serta beberapa arca utuh lainnya. Pengunjung tak hanya belajar sejarah saja melainkan disuguhkan teater atau pertunjukan seni tari tradisional Indonesia pada waktu tertentu.

  • Toraja

Tana Toraja mempunyai wisata budaya mengagumkan yakni sebuah desa dihuni suku Toraja asli dari turun temurun. Mereka tidak terpengaruh teknologi modern sehingga warisan tradisi dari nenek moyang masih diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat mengetahui tentang agama, tradisi dan adat Toraja, bentuk bangunan rumah, upacara bahkan proses pemakaman tradisional.

  • Taman Mini Indonesia Indah

Dulu pertama kali dibuka, TMII begitu ramai dan padat pengunjung tetapi sekarang sudah agak berkurang. Salah satu alasannya yaitu karena masyarakat lebih tertarik liburan ke mall, wahana bermain, waterpark, pusat perbelanjaan sampai luar negeri. Dengan jalan-jalan ke TMII Jakarta maka Anda serta keluarga mendapatkan banyak ilmu baru terutama tentang kebudayaan Indonesia. Karena tempatnya sangat luas maka terdapat contoh rumah adat setiap provinsi dan suku dari Sumatera sampai Papua. Kemudian di dalam rumah tersebut sudah dipajang aneka macam pakaian adat, senjata teradisional, peninggalan sejarah, dan informasi lainnya.

Mulai sekarang jangan hanya pulang ke rumah membawa setumpuk foto kenangan traveling saja. Akan tetapi usahakan agar wawasan dan pengalaman Anda juga bertambah dengan berkunjung di objek wisata budaya dari suatu tempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *