Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Go Travel Center – Gayo pada khususnya Tekengon itu adalah negeri yang sangat indah. Salah satu destinasi wisata yang ada di Aceh tengah ini tidak akan bosan kita datangi. Banyak sekali tempat dan sport cantik di seputar Takengon. Wisata alam, olahraga sepeda, budaya, perkebunan dan selam di danau, bisa kita lakukan di Takengon, Aceh Tengah.

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Banyak sekali foto dan gambar tempat wisata di Takengon yang saya lihat akhir-akhir ini. Membuat saya rindu ke Tanah Gayo, yang kabutnya saja sudah sangat indah dilihat. Banyak lokasi cantik di sekitar kota Takengon dan Danau Lut Tawar. Mungkin sekarang sudah banyak objek wisata yang tidak saya ketahui.  Seharusnya tulisan ini sudah ada dari 10 tahun lalu, saat saya masih kerja dan tinggal di Aceh. Kalau tulis cerita perjalanan saat itu ya sudah banyak yang lupa. Kali ini saya ceritakan saja secara umum untuk anda, Mudah-mudahan anda bisa berkunjung kesana.

Bus ke Takengon

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Saya tidak pernah menggunakan transportasi umum kala wisata ke Takengon. Namun di kota Takengon, saya melihat sangat banyak bus bagus. Ada bus Banda Aceh Takengon, dan bus ke Medan Takengon. Seingat saya perusahaan busnya adalah Pelangi dan Kurnia.

Selain itu ada banyak sekali mobil travel yang melayani rute Banda Aceh Takengon dan juga dari Medan. Dari Banda Aceh dan Medan jadwal berangkat biasanya malam hari. Sehingga sampai Takengon di pagi hari.

Tempat Wisata di Takengon

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Sekarang kita langsung bahas saja lokasi, tempat wisata, objek di Takengon dan sekitarnya, di Tanah Gayo, Aceh Tengah ini. Sama seperti kota-kota lain di Indonesia, Takengon juga memiliki daerah bisnis, perkantoran, pertokoan, hotel, pasar, dan sebagainya. Bedanya Takengon adalah kota yang dikelilingi oleh bebukitan. Udaranya sejuk dan kalau pagi kita bisa lihat kabut yang menyelimuti kota Takengon. Pemandangan yang kita lihat di kota saja sudah membuat kita sangat senang.

Di Takengon kita bisa merasakan wisata kuliner. Ada kuliner terkenal di sini, yaitu ikan depik. Ikan endemic yang hanya ada di Danau Laut Tawar. Rasanya gurih dan lezat. Di Takengon, kita juga bisa saksikan Pacuan Kuda Gayo. Diselenggarakan setiap memperingati HUT RI dan HUT Kota Takengon.

Pantan Terong

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Pantan Terong adalah salah satu objek wisata andalan yang ada di Gayo. Punya nama lain Bur Salah Niama, juga dikenal dengan Puncak Al-Kahfi nya Dataran Tinggi Gayo. Sering didatangi oleh anak-anak dan anak muda. Salah satu spot foto yang amat sangat cantik, bisa melihat kota Takengon dan Danau Lut Tawar dari ketinggian. Untuk menuju kawasan Ekowisata Pantan Terong, kita bisa menjumpai banyak spot foto. Pemandangan alam, area perkebunan. Jalan mendaki dan berlikunya juga untuk difoto dari beberapa titik itu bisa menjadi sebagan tantangan untuk diri kita.

Salah satu objek wisata favorit di Gayo, Bur Salah Niama (Pantan Terong) yang juda dikenal dengan Puncak Al-Kahfi nya Dataran Tinggi.

Danau Laut Tawar

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Danau Laut Tawar dan kota Takengon berada di dalam ketinggian 1200 m. Menjadikan daerah ini barhawa sangat sejuk sekali. Masyarakat local menyebutkan dengan Danau Laut Tawar. Untuk fotografer local Takengon mengenai nama tersebut. Mereka bila nama tersebut karena danau ini yang amat luas seperti laut, namun rasa airnya tawar. Makanya dinamakan Danau Laut Tawar.

Asiknya jalan-jalan di danau ini, ada jalan aspal yang mengikuti. Banyak sekali spot foto cantik di sekeliling danau. Setengah hari berkeliling, kita bisa berhenti di banyak tempat. 3 kali ke Danau Laut Tawar, saya selalu mendapatkan tempat cantik untuk memfoto cantik. Karena memang banyak sekali tempat foto cantik disini.

Pagi-pagi minum kopi setelah sarapan di warung pinggir jalan, sambil menikmati pemandangan sawah dan danau juga menyenangkan. Seorang kawan fotografer Takengon dan sekaligus penyelam di danau, Munawardi, menemukan bom aktif peninggalan Belanda di danau laut tawar ini. Menurut cerita, Belanda sengaja membuang bom-bom tersebut ke dalam danau saat ada penyerbuan tentara Jepang.

Air Terjun Mengaya

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Menuju air terjun ini termasuk sangat mudah sekali. Terletak di Desa Mengaya, Kecamatan Binatang, tidak jauh dari jalan yang mengelilingi Danau Laut Tawar Setelah anda parkir kendaraan, kita akan melalui jalan setapak yang indah sekali pemandangannya di kiri dan kanan. Kita juga akan melewati jembatan kecil dengan air yang mengalir sangat jernih di bawahnya.

Ukuran air terjun Mengaya tidak terlalu besar. Namun aliran airnya lumayan deras, Disini saya sempat membasahi badan tanpa berendam di aliran airnya. Lumyan letih hunting foto setengah hari di tempat indah ini, ditambah harus jalan mendaki dari tempat parkir. Segarnya air menjadi obat penghilang rasa lelah.

Bintang

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Desa Bintang terletak di sisi Timur Danau Laut Tawar. Dari sinilah Pacu Kuda Gayo atau Pacu Kude berawal. Pertama ke Gayo di tahun 2009, saya sempat menyaksikan Pacu Kude di Bintang dan lomba perahu. Namun tidak sempat memotret pacu kudenya, karena tiba menjelang selesai. Hanya sempat foto lomba perahu saja.

Pacu Kuda di Gayo itu ramai yang menonton dan banyak sekali peserta yang mengikutinya. Bisa sampai 500an peserta. Di Bintang ada beberapa tempat makan di tepi danau. Pemandangannya tidak kalah cantik dengan tempat lainnya di sekitar danau ini.

Tempat Wisata Yang Ada Di Aceh Tengah

Andai Datang Kembali

Takengon di Aceh Tengah dengan banyak tempat wisata, kuliner, sejarah dan budaya benar-benar membuat saya jatuh cinta dengan Aceh. Suka sekali dengan tempat wisata perpaduan antara keindahan alam, keramahan warga-warga disana, kopi yang becitarasa, kuliner, dan udara yang sangat sejuk.

Anda ada kesempatan untuk datang dan berkunjung lagi ke aceh, tentunya akan saya pergunakan kesempatan itu. Mengenang kembali keseruan jalan-jalan bersama kawan-kawan komunitas sepeda, komunitas fotografer Aceh, dan juga rekan kerja.

Mengulang kembali jalan-jalan ke tempat foto itu, tempat wisata di Takengon, yang pernah saya kunjungi, makan ikan depik, minum kopi sambil memandang danau yang indah. Menikmati anugerah keindahan alam Takengon Aceh Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *